Tugas Akhir
Modifikasi karakteristik material rem cakram menggunakan implantasi ion nitrogen
MODIFIKASI KARAKTERISTIK MATERIAL REM CAKRAM MENGGUNAKAN IMPLANTASI ION NITROGEN. Rem merupakan komponen untuk menghentikan kendaraan, salah satu teknologi sistem rem adalah menggunakan rem cakram. Jika kendaraan bergerak lebih cepat maka membuat rem bekerja lebih keras, hal tersebut yang menyebabkan rem akan cepat aus. Untuk meningkatkan ketahanan aus perlu dilakukan modifikasi sifat atau karakteristik material tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh implantasi ion nitrogen terhadap sifat-sifat material rem cakram. Proses implantasi dilakukan dengan variasi waktu 50, 55, 60, 65, dan 70 menit pada energi tetap 60 keV dan arus berkas ion tetap sebesar 30 µA. Pengujian kekerasan dilakukan dengan metode vikers menggunakan alat uji Microhardness Tester type MTX7, keausan diuji menggunakan alat Ogoshi High Speed Universal Wear Testing Machine, serta uji struktur kristal digunakan XRD yang dilakukan pada raw material dan material yang telah diimplantasi pada dosis optimum. Dari hasil uji kekerasan diperoleh bahwa kekerasan raw material sebesar 59,82 VHN dan mencapai nilai tertinggi sebesar 109,86 VHN atau meningkat sebesar 83%, sedangkan hasil uji keausan menunjukkan bahwa keausan raw material sebesar 22,9 × 10-9 mm2/kg dan mencapai nilai tertinggi sebesar 2,5 × 10-9 mm2/kg atau menurun sekitar 88%. Kondisi ini diperoleh pada dosis ion 3,728 × 1016 ion/cm2. Dari analisa XRD diperoleh hasil bahwa senyawa yang terbentuk adalah Fe2N dan Fe3N. rnKata Kunci : implantasi ion, rem cakram, uji kekerasan, uji keausan, XRD rnrnABSTRACT rnCHARACTERISTICS MODIFICATION OF DISC BRAKE MATERIAL USING NITROGEN ION IMPLANTATION. Brake is a component to stop the vehicle, one of the brake system technology is by using disc brake. If the vehicle moves faster, the brake will works harder, causing the brake to wear out quickly. To improve the wear resistance, it is necessary to modify the properties or characteristics of the material. The aims of this research is to study the influences of nitrogen ion implantation on the properties of disc brake material. The implantation process was carried out with the variations of time such as 50, 55, 60, 65, and 70 minutes at a fixed energy of 60 keV and a fixed ion beam current of 30 μA. Hardness test was performed by the vikers method using the Microhardness Tester type MTX7 , the wear properties was tested using the Ogoshi High Speed Universal Wear Testing Machine, and the crystalline structure was tested by using XRD, which performed on the raw materials and implanted materials at the optimum dose. From the hardness test results, it can be obtained that the hardness of raw material is 59.82 VHN and reached the highest value of 109.86 VHN or increased by 83%, while the wear test results is 22.9 × 10-9 mm2/kg of the wear of raw material and reaches the highest value of 2.5 × 10-9 mm2/kg or decreases about 88%. These conditions are obtained at a dose of 3.728 × 1016 ions/cm2. Based on the XRD analysis, it can be obtained that Fe2N and Fe3N compounds are formed. rnKeywords: ion implantation, disc brake, hardness test, wear test, XRDrnrn
S18-0207 | 13/TA/M/18 539(043) AHM m | Perpustakaan Poltek Nuklir | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain