Tugas Akhir
Pengembangan kode krat untuk analisis reactivity insertion accident pada reaktor Kartini
PENGEMBANGAN KODE KRAT UNTUK ANALISIS REACTIVITY INSERTION ACCIDENT PADA REAKTOR KARTINI. Pengembangan kode KRAT telah dilakukan dengan menyesuaikan bentuk geometri Reaktor Kartini dan spesifikasi material bahan bakar yang digunakan. Adapun parameter yang dilakukan penyesuaian yakni nilai β_eff, α_Tprompt, Dh, Kc, Hg dan penyesuaian reaktivitas batang kendali. Daya keluaran kode setelah dilakukan penyesuaian menghasilkan data yang mendekati daya eksperimen pada Reaktor Kartini. Analisis keselamatan pada kasus reactivity insertion accident (RIA) melalui kejadian control rod ejection dilakukan dengan menggunakan kode KRAT yang sudah tervalidasi. Insersi reaktivitas divariasi pada 3 kondisi yaitu 0,86 $, 1,11 $ dan 1,34 $. Insersi reaktivitas tersebut dilakukan saat reaktor berada pada daya stabil 100 kW. Simulasi dilakukan dengan mengasumsikan bahwa sistem scram tidak berfungsi. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa reaktivitas umpan balik negatif suhu mampu menjaga reaktor tetap dalam keadaan aman. Dari ketiga insersi reaktivitas diperoleh bahwa suhu bahan bakar tidak melebihi batas keselamatan yang telah ditentukan. rnrnKata kunci : Kode KRAT, reactiviy insertion accident, analisis keselamatan, Reaktor TRIGArnrnrnrnrnrnDEVELOPMENT OF KRAT CODE TO ANALYZE REACTIVITY INSERTION ACCIDENT IN KARTINI REACTORrnrnNama : Intan NafisahrnNIM : 021500436rnPembimbing I : Dr. Eng. Sutanto, M. EngrnPembimbing II : Prof. Dr. Ir. Anhar Riza AntariksawanrnABSTRACTrnrnDEVELOPMENT OF KRAT CODE TO ANALYZE REACTIVITY INSERTION ACCIDENT IN KARTINI REACTOR. The development of the KRAT code has been done by adjusting the geometry dimension of the Kartini Reactor and the material specifications of the fuel. The adjusted parameters are β_eff, α_Tprompt, Dh, Kc, Hg and control rod reactivity equation. The code calculation of power produces the closest data to the experimental power in Kartini Reactor. Analysis of accidents in the case of reactivity insertion accident (RIA) through control rod ejection events was carried out by using a validated KRAT code. Reactivity insertions are varied in 3 conditions, 0.86 $, 1.11$ and 1.34$. The reactivity was inserted when the reactor was at a stable power of 100 kW. The accident simulation was done by assuming that the scram system is inactive, through negative feedback reactivity being able to repair the reactor remains safe. The result of the three reactivity insertions do not exceed the safety limit that has been obtained.rnrnKeywords: KRAT code, reactivity insertion accident, safety analysis, TRIGA Reactor.rnrnrn
S19-0165 | 5/TA/K/19 621.039 INT p | Perpustakaan Poltek Nuklir (600) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain