Tugas Akhir
Rancangbangun sistem kendali sepeda listrik berbasis Arduino
Telah dibuat suatu sistem kendali sepeda listrik menggunakan prinsip PWM untuk mengendalikan kecepatan putaran motor dengan menggunakan sensor jarak sebagai sistem keamanan di jalan raya. Adapun latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah sepeda listrik selama ini masih belum menerapkan sistem keamanan yang langsung mengendalikan kecepatan putaran motor menggunakan prinsip Pulse Width Modulation (PWM). Sistem kendali yang dirancang ini akan digunakan sensor ultrasonic pada bagian depan sepeda yang berfungsi untuk mengukur jarak sepeda pengendara dengan kendaraan lain. Variasi jarak yang ditentukan yaitu sebesar ≤ 1 meter, ≤ 2 meter, ≤ 3 meter, dan > 3 meter, sehingga risiko kecelakaan di jalan raya dapat dikurangi. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang bangun suatu sistem kendali dengan menggunakan prinsip PWM untuk mengatur kecepatan putaran motor dan sistem keamanan pada sepeda listrik. Hasil penelitian ini adalah dalam kondisi bebas hambatan dengan beban, sepeda listrik dapat melaju dengan kecepatan maksimal rata-rata 28 km/jam. Kecepatan sepeda listrik yang dipengaruhi sensor ultrasonik bagian depan pada kecepatan maksimal pada jarak 300 cm, 200 cm, dan 100 cm berturut-turut adalah 20,6 km/jam; 15,5 km/jam; dan 4 km/jam. Sensor ultrasonik bagian kanan telah berhasil mengaktifkan buzzer pada jarak ≤ 100 cmrnrnKata kunci : Sistem kendali, Sepeda listrik, Pulse Width Modulation, Arduino Nano, KeamananrnrnABSTRACTrnrnA bicycle control system has been made using the PWM principle to adjust the motor speed by using a distance sensor as a security system on the highway. The background that underlying this research, electric bicycles have still not installed a security system that directly connects motor speed using the principle of Pulse Width Modulation (PWM). The control system that is designed will be added an ultrasonic sensor on the front of the bicycle that serves to measure the distance of the rider's bicycle with other vehicles. Variation of the specified distance is equal to ≤ 1 meter, ≤ 2 meters, ≤ 3 meters, and > 3 meters, so that the risk of accidents on the highway can be increase. The purpose of this research is to improve the system using the PWM principle to regulate motor speed and the security system on electric bicycles. The results of this research are in barrier-free condition, electric bicycles can run at an average maximum speed of 28 km/hour. The speed of an electric bicycle that is affected by the front ultrasonic sensor at a high speed at a distance of 300 cm, 200 cm and 100 cm, respectively; 20.6 km/hour; 15.5 km/hour; and 5 km/hour. The right ultrasonic sensor has succeeded in activating the buzzer at a distance of ≤ 100 cmrnrnKeywords: Control system, electric bicycle, Pulse Width Modulation, Arduino Nano, Securityrn rn
S19-0160 | 3/TA/K/19 681.176 JON r | Perpustakaan Poltek Nuklir (600) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain