Buku Non-ketenaganukliran
Pengawasan dan penjaminan mutu pendidikan
Pengawasan Pendidikan merupakan fungsi penting dalam proses manajemen/administrasi pendidikan. Kepentingan strategis pengawasan pendidikan adalah mewujudkan institusi pendidikan yang sehat, yaitu mematuhi peraturan dan perundang-undangan, melaksanakan rencana dan program, serta mempraktekan konsep dan teori keilmuan dalam melakukan tugas pekerjaan. Kondisi tersebut diperlukan untuk mewujudkan sekolah efektif as a place for better learning yang difokuskan pada business core penyelenggaraan pendidikan, yaitu mutu layanan pembelajaran. Dalam buku ini, kajian pengawasan pendidikan dibahas dalam konstruksi Ilmu Administrasi/Manajemen Pendidikan, dimana kajiannya difokuskan pada supervisi akademik untuk mewujudkan Pembelajar Profesional bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah serta profesional lainnya (Professional Learning Community) sehingga memupuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang merupakan kondisi prasyarat dalam Penjaminan Mutu Pendidikan (Quality Assurance). Dalam konteks demikian, buku ini membahas bagaimana Penjaminan Mutu Guru dilakukan dan bagaimana memberdayakan wadah-wadah Gugus Kendali Mutu, seperti KKG, MGMP, MKKS, MKPS. Penjaminan mutu layanan pembelajaran di kelas diilustrasikan dalam pendekatan belajar siswa aktif dengan guru mengajar kreatif. Sistem Penjaminan Mutu Internal dan External dibahas secara integratif dalam buku ini sebagai bagian utuh Manajemen Kinerja Sistem Pendidikan dalam tanggung jawab Pemerintah Daerah dan Pusat. Kata kunci: manajemen mutu, manajemen kualitas, mutu pendidikan, pengawasan mutu (4)
S20-0145 | 658.401 DJA p C.1 | Perpustakaan Poltek Nuklir | Tersedia |
S20-0146 | 658.401 DJA p C.2 | Perpustakaan Poltek Nuklir | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain